Tanpa Disedari, Inilah 7 Hal-hal Kecil Yang Boleh Menyakiti Hati Orang Tua Kita. Mohon Kongsikan...

Sebagai seorang anak yang mengharapkan redha orang tua, anda pasti berusaha agar boleh membahagiakan kedua orang tua anda. Tentu saja keinginan anda juga diinginkan oleh orang lain yang masih memiliki orang tua. Berbagai cara dilakukan agar kedua orang tua anda boleh tertawa bahagia.

Namun terkadang ada sesuatu hal yang anda lakukan justeru membuat kedua orang tua anda sedih atau tersakiti, baik anda sedari ataupun tidak. Anda tentu saja perlu menghindari hal-hal kecil yang boleh menyakiti orang tua anda. Untuk boleh menghindarinya, anda tentu perlu memahaminya lebih jauh lagi. Di bawah ini adalah hal-hal kecil yang boleh menyakiti orang tua anda.

1. Jarang menelefon Orang Tua
Untuk anda yang berada jauh dari orang tua, sama ada disebabkan pendidikan atau bekerja, seberapa kerap anda menelefon orang tua anda? Terkadang waktu yang sibuk dan jadual anda cukup padat, anda lupa menelefon orang tua. Padahal yang mereka inginkan sangatlah sederhana, mereka hanya ingin mendengar suara anda dan memastikan jika anda baik-baik sahaja. Tapi kadang anda lupa menelefon orang tua anda yang hanya memerlukan beberapa minit sahaja.

2. Ketika Mereka Meminta Tolong, Anda Menjawap “Nanti”
Hal kecil yang boleh menyakiti orang tua anda selanjutnya adalah ketika orang tua anda meminta tolong anda untuk melakukan suatu hal, namun anda menjawapnya dengan kata nanti. Meskipun sangat ringkas dan kecil, hal ini boleh begitu menyakiti hati orang tua anda. Mereka akan merasa tidak dihargai oleh anda.


Sebagai anak yang ingin membahagiakan orang tua, selagi anda boleh melakukan apa yang orang tua anda minta, maka lakukanlah, jangan menunggu nanti.

3. Jarang Berbicara Dengan Mereka atau Hanya Sekadar Menyapa
Terkadang rutin anda mungkin begitu padat yang membuat waktu anda habis untuk pekerjaan. Saat bertemu dengan orang tua hanya berlalu begitu saja, tanpa sepatah kata terucap. Hal ini,meskipun tidak ada maksud dalam hati anda untuk menyakiti mereka, tapi mereka akan merasa sakit, mereka merasa tidak dianggap dan tidak dihargai sebagai orang tua. Jadi seperti apapun keadaan anda, jaga komunikasi anda dengan orang tua, meskipun hanya untuk sekadar menyapa di pagi atau siang hari.

4. Jarang Menikmati Masakan Mereka
Kembali lagi kepada masalah rutin seharian anda yang membuat anda begitu sibuk, hingga waktu anda dihabiskan untuk bekerja dan aktiviti di luar rumah. Hal ini membuat anda lebih sering makan di luar dibandingkan menikmati masakan orang tua anda di rumah. Mungkin bagi anda ini hal yang remeh, tapi anda perlu tahu jika terus seperti ini, maka akan semakin menyakiti hati orang tua anda. Sekali-sekali luangkan waktu anda untuk makan bersama dengan orang tua anda dan rasakan nikmatnya masakan orang tua anda.

5. Malas Membersihkan Rumah
Terkadang, rutin yang padat membuat anda sedikit melupakan kepentingan rumah. Termasuk hanya sekadar untuk membersihkannya, hal ini tentu saja akan menjadi hal yang menyakiti orang tua anda. Jika terus terjadi, maka akan muncul rasa tidak dihargai dari orang tua anda. Kalau sudah seperti ini, mereka pasti akan merasa sedih dan kecewa.

6. Tidak Sengaja Memarahi Mereka
Ini adalah salah satu yang paling sering terjadi, mungkin juga sering anda lakukan. Dalam kondisi tertentu, tanpa sengaja anda berbicara dengan nada yang cukup tinggi dengan orang tua anda. Ini akan sangat menyakiti perasaan orang tua anda, sebaiknya anda jaga hal ini agar tidak terjadi lagi.

7. Jarang Meluangkan Waktu Bersama Mereka
Kesibukan yang anda jalani terkadang membuat anda kehabisan waktu untuk meluangkan masa menikmati waktu bersama dengan keluarga anda. Jika terjadi dalam waktu yang cukup lama, mereka akan merasa tidak dianggap penting, tentu saja anda akan menyakiti perasaan mereka. Jadi sesibuk apapun anda, cubalah untuk luangkan waktu sebentar saja untuk boleh menikmati kebersamaan bersama keluarga anda.

Demikian adalah hal-hal kecil yang boleh menyakiti orang tua anda. Setelah anda mengetahui hal-hal tersebut, cubalah untuk menghindarinya dan berusaha tidak menyakiti orang tua anda, baik dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.
loading...

0 comment... add one now